At 27, i barely know myself.


Apakah aku harus meminta maaf atas ini semua?

Apakah semua ini salah ku?

Apakah aku bertanggungjawab atas kekecewaan mereka?

Disisi lain, aku membutuhkan bantuan.. karena jalan ku lambat

Banyak hal yang tertinggal

Banyak waktu dan uang yang terbuang

Banyak hari yang terlalui dengan sia-sia

Tiada hari tanpa menyalahkan keberadaan ku

Aku juga tidak tau kenapa aku sangat takut untuk melangkah, mencoba atau berbuat kesalahan

Sanking takutnya, aku tarik diri ku dan melambankan langkah sampai cara berpikir ku

Iya, aku seperti siput. 

Mungkin aku akan mati dalam kondisi belum mencapai apa yang mereka anggap sebuah pencapaian membanggakan

Tapi.. apakah mereka pernah berpikir bahwa.. bangun tidur saja.. sudah menjadi pencapaian terbesar ku.

Aku sudah merasa bosan terlalu mendengar rasa kecewa orang lain terhadap ku karena aku sangat lambat dalam berproses..

Aku enggan merasa sedih dan bersalah

Kenapa?

Karena aku tau titik lemah ku, walau belum ku kenali diri ku secara dalam

Ketika aku sedih, marah dan kecewa. Aku akan menarik diri, menyalahkan diri, sampai berbulan-bulan.. bahkan bertahun-tahun.

Apa yang salah dari ku?

Apakah ada hal yang aku tidak ketahui?

Apakah ada hal yang membuat ku seperti ini namun aku tak pernah menyadarinya bahwa itu adalah permasalahan yang perlu dibereskan?

Apa ya? Aku gak tau..

Apakah ini normal terjadi pada semua orang? Apakah ini hanya fase kehidupan?

Tidak kah kamu lihat, perang ku dalam diam? 

Selalu berpikir mengapa aku dilahirkan ketika aku tidak merasa cukup..

Selalu berpikir aku adalah beban dan penghambat orang lain

Tidak kah kamu lihat, beranjak dari kasur lalu beraktivitas menjadi salah satu cara ku untuk mengalihkan pikiran untuk bunuh diri?

Apakah aku harus memamerkan luka yang sengaja aku lakukan karena aku merasa perlu dihukum?

Apakah aku harus tunjukan bagaimana kamar ku berantakan?

Apakah aku harus memamerkan rambut panjang ku yang berbulan-bulan tidak aku sisir dan menjadi gimbal?

Apakah aku harus meceritakan bahwa untuk bangun tidur, mandi, keramas bahkan sikat gigi pun aku kesulitan? 

Mungkin hanya malas.


Ya.. aku hanya malas untuk berjuang.

Mungkin benar.. aku tidak yakin akan bertahan sampai umur 30 tahun..

Mimpi-mimpi dan segala angan juga pencapaian tidak akan terjadi..

Karena aku "malas"


Andai saja aku tau kenapa aku bisa menjadi seperti ini..

Aku benci diri ku sendiri

Aku benci diri sendiri karena tidak bisa menyenangkan hati semua orang

Aku benci diri sendiri karena melakukan kesalahan

Aku benci diri sendiri karena aku bodoh

Comments