Thursday, May 4, 2017

Tersipu-sipu

ini cerita asli yaa.. bukan april fools :D

Saat itu aku tak memikirkan apapun selain ingin melakukan hal yang tidak bisa dilakukan saat rutinitas sehari-hari. Selama ini aku senang dan trimo dengan apa yang ada dan yang terjadi, ternyata Pencipta ku memberikan hadiah yang tak terduga.. bisa liburan ke Sumatra Barat – Padang. Aku bersyukur dan senang.. ternyata Sang Pencipta ku memperhatikan ku dan sayang pada ku walalupun aku tak meminta lebih.. atau meminta liburan keluar pulau atau keluar negeri..

Aku tak memikirkan dua kali untuk mengambil suatu gerakan atau tindakan, seakan aku melepaskan gembok jeruji ini agar diriku sebenarnya bisa merasakan liburan dan membuka mata juga hati disana. Aku benar-benar nabil yang sebenarnya disana.. bukan yang harus sembunyi dibalik tembok dan duduk termangu merasa lidah hatiku hambar merasakan apapun.
btw aku terjun dari loncatan yang paling bawah, ga ada foto sama sekali pas di pantai
karena yaitu tadi, pengen enjoy dan faktor lain pas perjalanan kesini rada gerimis
ya.. mikir 2x untuk foto pake kamera yang dapet minjem 

Aku langsung berjalan menuju tebing dan ingin terjun langsung ke laut lepas karena aku tak tau akan merasakan ini kedua kalinya nanti di masa depan. Saat melihat kearah bawah.. ada rasa takut.. dan aku bilang ke diri ku sendiri
“rasa takut ini ada.. wajar.. tapi gak boleh kamu buat-buat dan akhirnya turun dari tangga ini tanpa merasakan bagaimana terjun ke lautan”
Sambil melihat kesekitar, ibu-ibu disampingku sudah terjun duluan
Aku mempersilahkan bapak-bapak yang hendak meloncat
Tinggalah aku sendiri diatas sana. . .
Orang-orang menyemangatiku dari bawah ada beberapa perahu disana seakan memujaku jika ku terjun dari tebing ini
Takut senang dan bingung

Lalu ada 4 pemuda lak-laki yang satu rombongan dengan ku tetapi beda bus, dua laki-laki yang kakak beradik sudah terjun bersama, tinggalah aku dengan 1 pemuda ini. Aku tak memikirkan apapun selain ingin terjun atau tidak.

Tiba-tiba dia memegang pergelangan tangan ku. . .
Ia tak lama melakukannya dan ia langsung lepaskan lagi tetapi pada saat itu aku tak memikirkan hal itu yang aku pikirkan hanya.. apakah aku akan terjun atau tidak
“Hayu, cepet loncat” ucapnya
“Iya bentar..” sambil melihat pemandangan diatas sana.. luas… semua kulihat air biru tua dan dihiasi pulau dan hijaunya pepohonan yang menghiasinya..
Saat itu aku hanya ingin Sang Pencipta ku melindungi ku. Itu saja
-
-
Lalu aku loncat
kira-kira seperti ini, tapi aku loncat biasa. posisi berdiri aja
Seperti tidak sadar sama sekali..
Seketika
Pandangan aku berubah menjadi biru tua
Dan aku merasakan
nyeuri dibagian bujur. . .
Dan
celana dalam ku
sepertinya
 nyelip…

Langsung tubuhku naik ke permukaan air
Ini memunculkan senyuman di wajah ku, lalu dengan sigap bapak-bapak yang berada disitu memberi pelampung agar aku langsung berenang dan naik ke perahu. Setelah itu… aku menemukan pesan moral yang langsung terjadi begitu cepat ini
Over come fears, face it, and you know the answer. Let God help and protect you with His way
Dan ini bener, aku selalu takut menghadapi apapun terlalu banyak mempredikisi ini itu, terlalu membaca pertanda yang sebenarnnya akupun gak tau akan terjadi atau enggak. Semua ini seperti cara Sang Pencipta berkomunikasi dengan ku yang selalu menganggap diri ini hilang arah dan tak berkawan… aku merasa bercermin dan menyelam jauh kedalam diriku yang jarang menerima biasan cahaya matahari.

Saat hari terakhir sampai perjalanan pulang kembali ke Bandung, pikiran ini mengulang bagaimana ia melihat ku dari jarak dekat dan memegang pergelangan tangan ku. Aku tak tau ia sengaja atau tidak, hati ini hanya merasa tersipu-sipu karena hal yang sangat kecil ini tetapi aku tidak memperbolehkan perasaan ini naik kearah yang lebih mendebar-debarkan jantung dan sampai menyukai lelaki itu, aku pun tak tau berapa umurnya kemungkinan ia lebih muda dari ku atau memang seumuran.

Pada saat itu yang aku inginkan menikmati apa yang Sang Pencipta buatkan untuk umatnya dan aku berusaha agar tidak terbawa arus perasaan yang labil ini. Aku tak suka dengan perasaan yang sementara lalu hilang karena aku tak mau sesuatu yang sementara ini malah menjadi luka yang berkepanjangan.

Sebenarnya itu mudah, hanya diriku saja yang melebih-lebihkannya. Dan ada lelaki juga yang aku terus bertanya-tanya kenapa ia pendiam, aku merasa ia lebih tua dari ku, atau seumuran? Rasa segan terhadapnya ada, itulah mengapa aku tak pernah mengobrol dengannya selama 3 hari walau satu bus dengan ku hanya saling senyum.

Pikiran ku sudah tertutup, rasa hambar datang ketika aku tak bersama orang-orang yang senang akan leluconku, hati menginginkan menjadi yang paling terbaik tetapi raga enggan bertindak.. setelah apa yang terjadi pada pengalaman terkurung dalam penjara dan siksaan saat aku kuliah dulu.
Aku tak pernah ambil pusing jika orang membuat lelucon tentang diriku, aku bukan aku waktu SMA yang selalu membenci diri dan merasa semua membenci. Aku senang jika diriku bisa menjadi sinar kecil yang menyinari hari seseorang mau pun itu teman atau saudara atau orang yang tak pernah kenal sekalipun, karena aku menerima diri, bersyukur dan karena aku bagian dari karya seni Sang Pencipta.

Ini pesan diriku untuk diriku..
“Hati boleh tersipu-sipu tapi jangan biarkan itu terbang, lupa caranya turun ke daratan dan menjatuhkan mu tiba-tiba, tetap kontrol emosi. Santai dan nikmati rasa senang, sedih, marah, bahagia, kecewa karena itu semua hiasan atau variasi cerita hidup, harus  bisa membiasakan diri untuk mudah meredam rasa kesal, sedih atau kecewa. Rasa hambar pada hati ini akan cerita hidupku lumayan berkurang, sedikit.. masih banyak pintu yang harus ku buka dengan tangan, mata, pikiran dan jiwa ku sendiri”


Seumur hidup baru dia satu-satunya yang megang tangan aku
-
-
seakan . .
telah terbiasa menghadapi perasaan sementara yang aku pun sudah tau akan segera hilang
telah terbiasa tidak menggantungkan harapan pada hal tersebut
dan aku akan selalu meminta
semoga perasaan ini menguap dan menjadi awan kelabu menurunkan hujan dan mendinginkan hati ini kembali.

dan aku bisa.


nb : postingan tentang liburan ke Padang lagi proses yaa :) tunggu aja apdetannya :)) 

Tuesday, April 4, 2017

Cerita cinta ku seperti FTV

bahasa bilingual, sunda dan indonesia~~~ 




Ceritanya gini.. Pas ulang kampus, pertama liat dia dagang sih biasa aja, apa ganteng atau gimana, gak kepikiran apapun. 

Dia wirausahawan atau jaman sekarang disebut "Entrepreneur" bareng sama temen ceweknya, ya pertama kali liat dikira pacarnya ternyata mereka temen satu SMA terus macam kerja sama bareng gitu. Beberapa hari kemudian, aku dateng ke grobak "sate cilok jadul" dagangnya memang mau beli, kan sekalian nostalgia beli cilok jadul gitu, pas dateng dia gak ada ya udah mending pulang aja.

Eh, pas muter badan dia tiba-tiba muncul.
"Astagfirullah !" kata aku tuh 
"Maaf teh, saya baru dateng soal gantian sama temen saya" 
(di dalem hati tuh.. "Aduh.. untung teu nyundul")
"Oiya gapapa ko.." sambil liat wajah dia
(di dalem hati lagi "Ieu jalma jangkung pisan, aku ge kalah")
"Teteh mau beli ciloknya?" dia nanya 
"aaiya.. deh mau beli" sambil ngeliatin dia dari atas sampe bawah, tingginya melebihi aku yang 176cm, kayanya dia itu keselek bambu deh -_-" rambutnya ikal, pake kacamata. berkumis, termasuk kurus tapi gak cungkring tapi berisi tapi gak gemuk.. 
eh apaan sih -__-"

Nah.. dari situ kenal, ngobrol-ngobrol, terus ketemu sama temen ceweknya yang suka gantian jualannya soalnya dia kuliah juga, hmm.. macam part time job laah. Kemungkinan si aa cilok ini tuh lagi kuliah juga, makin kagum dong.

*singkat cerita dari beli cilok jadi deket*

Suatu saat, dateng lah aku ke gerobaknya, ternyata dia gak disitu mungkin lagi sholat dulu. Dan aku nemuin selembar Curiculum Vitae
(dalem hati "naha aya ieu?" )
*dibaca akhirnya*
dia kelahiran tahun 1989, nama lengkapnya gak inget tapi inisial nama awalnya dari "T", dia pernah SMP di Jakarta, kalo SMAnya kaya di daerah Jawa Timur gitu, dan kaget se kaget-kagetnya dia  ternyata udah S2, jadi dia kuliah sambil kerja atau jadi dosen sambil kerja? 
*sambil liat fotonya*
*tiba-tiba dia dateng langsung diambil sama dia*
"Bentar ih aku mau baca" kata aku
"Gak boleh biil"
*dan parebut-rebut kertas CV nya*
*kalo ada yang lewat dikira sinetron FTV, mungkin*

Aku pun gak begitu ambil pusing sih.. apa mau pacaran atau apa lah itu namanya temen tapi suka, karena seumur-umur belum pernah pacaran dan baru kali ini ada yang serius, mau gimana lagi, suka sih cuman ada bataslaah, ko canggung ya ^.^ haha

Nah ini beda tempat lagi ceritanya. Aku lagi di rumah, aku lupa lagi ngapain, pokoknya lagi di ruang tamu.. tiba-tiba ada suara dia dan ibu lagi ada di halaman rumah
"Assalamu'alaikum bu, nabilnya ada?" tanya dia
"Wa'alaikum salam, ada ko"

karena aku posisinya lagi di ruang tamu, otomatis kedengeran laah
*langsung buru-buru keluar pintu*
udah kegirangan sendiri, seumur-umur cuman dia, laki-laki yang dateng ke rumah, rasa dug-dug-ser, 
(dalem hati "oh kieu gening rasana lamun sama-sama bogoh teh, alias teu bertepuk sebelah tangan")

terus . . .





"BIL BANGUN!!!! SHOLAT SUBUH GAA?!!"



"ASTAGFIRULLAH !!!!!!!!!!"






*dan aku bangun dari mimpi*


sekian.


ini bunga tidur atau "kisi-kisi masa depan dari Allah" ?
who knows :)

Wednesday, March 29, 2017

Hanya amatiran


Judul : Gading Emas
Ket : Karya ini menyimbolkan gading berwarna emas berharga yang dibalut oleh uang dan percikan darah
Terinspirasi dari : Sindikat Penjual Gading Gajah Senilai Hampir Rp 1 M Terbongkar
Judul patung 1 : Sesuap Amat
Ket : Menyimbolkan  (sedang menyuapi) tangan yg sedang memegang sendok penuh dengan kristal
yg terbuat dari borax melambangkan Asmat tsb dan kawat yg melingkarinya adalah
rasa kegelisahan atas masalah kehidupan para pengikutnya
Judul patung 2 : Tenggelam
Ket : masih berkaitan dgm patung pertama, karya ini menyimbolkan tangan
yg berwarna kuning dengan kristal-kristal borax sebagai sabu (asmat) yg
menenggelamkan kehidupan korban asmat Aa Gatot
Terinspirasi dari : Aa Gatot bilang sabu-sabu itu Asmat, makanan jin di padepokan

Dari dulu memang gak mengelompokan diri ke aliran seni tertentu karena 100% aku sendiri membuat karya seni buat menvisualisasikan isi hati, pikiran dan seneng aja, gambar-gambar / lukisan masa SMP, SMA dan kuliah memang ada ceritanya masing-masing.  Pernah sih jaman SMP ingin banget jadi pekerja seni, yaa namanya abg labil mau ini itu tanpa dipikir dulu dan maunya sendiri (heuras babatok). Seiringnya waktu, gak terlalu maksain diri untuk jadi seniman, ya.. trimo ae lah.

Tapi langsung semangat banget kalo diajak partisipasi di kegiatan seni, yaa... walau amatiran ikut aja dan lumayan gitu nambah temen dan nambah pengalaman juga. Nah.. waktu tahun 2016, komunitas Pensil Kertas Bandung mau mengadakan Pameran Tutup Buku 2016 pada akhir tahun 2016, sebenernya konsepnya berangkat dari tema pameran pra-event Kekinian yang diadakan tahun 2015 dan dari situlah hobi seni ini tersalurkan. (Ikutan pameran pertama kali bagian 1 & bagian 2)

Masih mengangkat konsep dari tema pameran sebelumnya yaitu Kekinian (tren, mode, hits, dll), kalo pameran yang sekarang ini temanya tentang berita, kejadian, kasus yang viral dan lagi boming. Jadi para pembuat karya diharuskan mengikuti tema dan menonjolkan warna kuning dan hitam sama dengan pameran sebelumnya, Kekinian :) 
Sebenernya pameran Tutup Buku ini mau diadakan akhir tahun 2016 tapi gak semua rencana berlajan dengan mulus, waktu itu udah sempet ditentuin tanggal pamerannya dan karya 3 dimensi belum jadi 100%! Kadang ini bikin aku sendiri putus asa dalam pengerjaan karya-karya ku yang akan dipamerkan karena pengerjaannya gak sehari jadi :( tapi memang aku ngerasa aku salah pake teknis pembuatan karya yang segini ribetnya :(

Awal kita rapatin tentang pameran itu sekitar awal bulan September 2016 dan para anggota ditanya mau bikin karyanya mau mengangkat berita / kasus / kejadian yang sedang apa aja dan lagi naik daun, teknisnya, jenisnya, ukurannya, dan tentunya pasti pesan apa yang mau disampaikan dari karya yang nanti akan dipamerkan. Terus kita seperti biasa ngumpul di CFD dan langsung cuus ke Baksil, disana kita harus mempresentasikan sketsa kasar tentang karya para anggota yang mau dipamerkan nanti dihadapan para anggota lainnya, nanti setelah kita presentasiin sketsa kasarnya dan menjelaskan detail-detailnya. Kita akan dapet usulan dari para senior atau sesepuh :) Pensil Kertas tentang karya yang akan kita buat.

Waktu pas rapat awal pembentukan tema pameran itu udah mulai cari-cari berita yang viral  pada bulan tertentu di 2016. Dari 3 berita yang kepikiran untuk dibuat karya, tapi setelah dipertimbangkan lagi dan mikir keras teknis pengerjaannya bagaimana akhirnya pilih 2 aja yang udah kebayang cara bikinnya dan biar nanti pas dipamerin nampak mewakili pesannya.

Karena aku kalo berkesenian itu aliran apapun dicoba, jadi teknis pengerjaan karya yang aku ingin buat itu beda dari yang sebelumnya (watercolor) walaupun dulu pas SMA pernah bikin tapi hanya sekedar "ingin coba" tapi bagus hasilnya (yaa.. gak tau sih kalo kata orang, mungkin biasa aja) lebih ke DIY do it yourself  sih.. macam craft gitu dan rada ribet memang daripada gambar di selembar kertas. Tapi walau ribet, seneng aja ngerjainnya :) 

Pengerjaan karya 3D ini lama pengerjaannya dari September sampai H-1 pameran, ya.. hampir 4 bulan lah.. kenapa lama? karena ngumpulin uangnya dulu untuk beli bahan-bahannya dan eksperimen yang banyak gagalnya :( nah.. pas H-1 itu udah pengen nyerah sih.. soalnya baru dipernis dan pas musim hujan juga.. susah keringnya :( dan kalo boleh jujur semua ini modalnya bikin "rugi". Baru kali ini bikin karya seni begini :( tapi gak aku bawa pusing soalnya memang aku seneng dengan proses pembuatannya.


Susah, ribet dan lelahnya.. 


1. Beli borax di ade-ade yang jualan slime
    Dari awal aku ingin bikin kristal borax tapi setelah muter-muter cari borax di toko kimia sekitar bandung itu pasti dibilangnya sama pemerintah udah ga boleh dijual, akhirnya cari alternatif, beli lah Alum / tawas yang belinya kebanyakan, dan pas dicoba, GAGAL :( sampe berminggu-minggu gak jadi kristal juga. Dan akhirnya kepikiran beli borax diade-ade yang suka jual slime (bukannya dari awal-_-). Percobaan bikin kristal borax yang harus nunggu hasilnya sampe 1-2 minggu kalau mau bagus dan gagal dan bikin lagi dan gagal dan harus nyari bahan yang bener dan akhirnya jadi, nunggu kering gadingnya sampe berhari-hari. Pokoknya take so much effort in my artworks, jadi percuma kalo misalkan pas H-1 aku give up gitu aja. Oiya, kristal borax ini untuk karya patung tangan ASMAT.

2. Belanja bahan-bahan sampe borma tutup dan tas ketinggalan di tepat penitipan barang
    Waktu itu belanjanya habis pulang dari les bahas inggris, langsung ke borma. Mungkin karena kelamaan ngeliatin glitter yang warna-warni dan bahan craft yang unyu-unyu jadi pas ke kasir udah rada sepi, singkat cerita udah bayar dan udah masukin kunci di motor, dan baru inget kalo tas yang dititipin belum diambil, suka panik kalo toko udah tutup. Gak kebayang aku kekunci di dalem macam toy story :(  
Keesokan harinya, bikin gadingnya bener-bener butuh kesabaran banget, dari bentuk awalnya pake alumunium, dilapisin sama masking tape, terus ditebelin pake koran yang dibasahin sama lem fox+air. Pengerjaan dari jam 4 sore - jam 2 malem, nunggu keringnya butuh 3-4 hari, sebenernya aku tau cara bikin gadingnya cuman dari tutorial craft aja tapi kalo bentuk gadingnya inisiatif aja. 


3. Beli bahan untuk cetak tangan, bolak balik toko alkes 
   Aku pake alginat yang biasanya untuk nyetak gigi kalo mau dibehel, yang kalo waktu dicetak giginya pengen muntah sama ada wangi mint. Dan itu adanya di toko alkes dan ada juga di toko kimia yang aku awalnya mau beli borax dan gak ada itu tapi harus beli seukuran cat tembok yang ember gede gitu :( percobaan pertama, gagal tapi ngebentuk tangan, karena kurang puas sama hasilnya.. jadi beli lagi alginatnya :( hasil percobaan ke-2 alhamdulillah berhasil.

4. Dibilang "Ribet"
   Emang ribet dan capek juga. Tapi gimana ya? rasa kepo, rasa penasaran untuk ngotak-ngatik, untuk nyobain percobaan yang cuman bisa liat bule-bule bikin tutorialnya di youtube itu tuh membuka tabir hahaha, rasa penasaran terbayarkan walau ribet. Ibarat orang lain bisa pelajaran matematika, berarti aku juga bisa dong walau susah :) tapi kalo dibawa kehati ya.. jadi sedih sendiri, pundung :( karena dibilang ribet, tapi udah niat dari awal mau belajar untuk bisa menyampaikan pesan lewat karya seni aku ini. Jadi pas dilihat karyanya, orang-orang langsung ngerti maknanya.

5. Dipandang sebelah mata sama orang tua
  Setiap berkesenian memang rasa gak didukung 100% walau cuman hobbi, waktu pengerjaan gading gajah & patung tangan sepet dibilang ngehabisin uang dan biasa aja kalo aku ikutan pameran. Tapi aku ikutan ini kan ingin membuktikan kalo aku gak sia-sia mengorbankan waktu dan uang :') hanya untuk bikin karya seni ini

Sempet ngerasa bakal jadi karya yang biasa aja dan takutnya ada yang lebih dahsyat daripada karya aku tapi reaksi temen-temen PK pas aku bawa karya 3D ke dalem GIM, terbayarkan rasa lelah dan ribet selama ini!!!!!!!!! :') rasa ingin nangis, ternyata mereka menghargai karya seni aku yang bikin "repot" 
ada yang bilang "nabil niat pisan" 
memang aku niat :') 
kalo boleh jujur semua karya seni aku pake hati, kalo aku gak mood dan gak punya suatu emosi yang harus divisualisasikan, aku gak akan buat apapun. 

dan waktu pameran dibuka, banyak yang takjub sama karya seni ku. Om panji bilang kalo temennya yang dari Jakarta katanya karya ku paling menonjol dan keren.. 
Rasa seneng, gembira, bangga, sedih jadi satu :') 
baru kali ini seumur hidup ngerasa karya seni aku.. "dihargai" 
hanya ngeliat ekspresi mereka memandang lama dan mengerti pesan yang aku sampaikan lewat karya-karya ku, itu lebih dari cukup.

Waktu hari terakhir ada kejadian yang seharusnya gak dilakukan oleh orang-orang yang dateng ke pameran manapun dan dimanapun, yaitu jangan sembarang menyentuh karya seni. Jadi aku lagi motret keadaan pada saat pameran dan aku kebetulan lagi ada di deket karya patung tangan aku, ada 2 pemuda laki-laki yang mungkin kepo dan gak bisa baca "dilarang menyentuh karya ini!" terus salah satu dari mereka megang-megang kristal boraxnya :( dan mereka bilang itu mirip nasi :'( mungkin mereka memang gak baca deskripsinya dan larangannya :( 
Pas mereka megang karya aku reaksi aku bengong, kesel, dan kaget, aku gak marahin sih.. :( aku rada kecewa aja sama pengunjung pameran yang gak tau aturan atau bener-bener buta huruf atau cuman dateng ke pameran karena ingin eksis aja :( dan gak menikmati karya-karya seni yang dipamerkan..

sebenernya semua karya yg dipamerin itu bagus semua tapi ini favorit aku dan
yg aku tandain * itu "ngena" banget pas baca captionnya tentang mental illness.
Karya yg aku seneng liatnya yg lukisan mulut, dia pake glitter & warna ijo neon :)


~ Terimakasih Ya Allah, kami masih diberikan kesehatan & kesempatan dalam pameran ini, aku beryukur dan banyak-banyak berterimakasih sama Allah karena ini semua dulu hanya angan-angan aja :') sekarang terwujud kembali.. alhamdulillah.. :')

~ Terimakasih rara yang selalu berdua sama aku pas prepare pameran di GIM, dia sempet bilang "Bakal kangen bil, soalnya kita selalu bareng-bareng tiap hari". Jadi inget pas beli cuanki, kita kesiram air hujan yang ada diterpal warung :') beli kopi sama sendok plastik di warung depan GIM dan dikasihnya yang bekas ngaduk kopi :')

~ Terimakasih gege, ica, nadia, novi, della, gesti, desti, ulan, afinda, alza, codot yang saling mengisi walau kita gak banyakan pas pameran, udah dateng dan support, saling bantu walau kekurangan orang waktu itu, makasih udah difotin alza & codot, makasih dela udah repot-repot bawa jajanan & ulan yang ripuh preparingnya :), makasih semangatnya mba anggi yg lagi sibuk banget waktu itu :* dan masih sempet ngeline.

~ Terimakasih kak Yogi yang dulu aku pernah ikut workshop kolasenya, makasiiih udah bilang karya ku baguus :)

~ Terimakasih murni & tetehnya yang udah sempetin dateng walau sebentar, cuman murni satu-satunya temen SMA yang dateng :') sayang murniiiii :* Aku ada rasa kecewa dan sedih soalnya temen-temen SMP, SMA, dan kuliah yang aku sangat harapkan untuk dateng, mereka gak dateng :( 3 hari pameran aku jadi bagian yang jaga buku tamu.. menunggu kawan yang dan mereka tak kunjung datang...

~ Terimakasih debay dzaki :* dari keluarga gak ada yang dateng selain dzaki, mba bella seneng ko adik sendiri dateng walau ayah ibu dan sodara yang lain gak dateng :') padahal pameran ini adalah pembuktian kalo aku berkesenian bukan gaya-gayaan tapi ada tujuan baiknya dan gak sia-sia :(

~ Terimakasih banyaaaak senior Pk (wa apuk, om kun, om panji) & temen-temen Pensil Kertas Bandung, aku belajar banyak disini. Udah mengubah aku yang kurang bergaul, yang takut kalo punya temen cowok, yang takut dan gak dibolehin main keluar daerah Cimahi, yang cuman sekedar anak rumahan dan gak tau daerah Bandung :( sekarang udah lebih mandiri dan berani :') aku gak tau bakal jadi apa kalo hobi berkesenian ini gak disalurkan dengan baik :')

Thursday, January 12, 2017

50 Questions to Get to Know Me (Bahasa Indonesia + English)

[WARNING!!!]

Siapkan cemilan atau pakai kaca mata kalian readers, ini postingan terpanjang dan paling ngabisin waktu kalian dan gak penting juga untuk kalian baca



  1. What was your favorite food when you were a child? sate ayam, pecel, lotek sama semur daging buatan ibu untuk makanannya, kalo minuman jus alpukat 
  2. What’s the #1 most played song on your iPod? aeeeh ga punya ipod :( kalo sekarang lagi sering dengerin lagu *cek hp dulu* ooh The Weeknd - Starboy. Aduuh itu lagu nempel banget di telinga, nanti juga lama-lama bosen
  3. What is one of your favorite quotes? apaan ya? hmm... "If someone corrects you, and you feel offended, it means you have an ego problem" - Ustad Nouman Ali Khan. 
    just chill..
  4. What’s your favorite indoor/outdoor activity? well.. my favorite indoor activities are diy something, knitting, writing stories *macam diary (yaelaah masih jaman nulis diary?) / cerpen / puisi*, drawing *art stuff*, searching resep masakan tapi ga tau kapan mau masaknya, and sleep. Outdoor? hmm.. nyuci motor, murral *maybe*, sebenernya untuk kegiatan outdoor itu jarang banget karena.. yaa... kalo gak penting-penting amat gak atau cuman ngegosipin tetangga doang, gak akan keluar rumah, hahha
  5. What chore do you absolutely hate doing? hmm.. menurut aku sih ya, gak ada yang dibenci. Semakin umur bertambah terkadang pekerjaan rumah macam ; nyuci piring, baju, ngepel, beres-beres rumah, dll, itu udah jadi kebiasaan sih.. yaa logikanya, kalo rumah mau bersih ya tinggal dibersihin. Emang terkadang males bangeet dan lagi sibuk ini dan itu, cuman yaa.. setidaknya gak berantakan banget. Tapi kalo yang paling nyebelin adalah harus bersihin pasir poopnya kucing
  6. What is your favorite form of exercise? warm up, hahaha. Pokoknya yang ada loncat-loncatnya aja
  7. What is your favorite time of day/day of the week/month of the year? ini pertanyaan  maksudnya gimana ya? haha :) kalo untuk waktu favorit dari sehari. apaan ya? kok aneh -_-" *mungkin jam* subuh sama tengah malem sih, adem aja dan sepi juga. Hari favorit dari seminggu itu weekend sih dan pastinya tanggal merah, kalo bulan favorit itu pokoknya bulan Agustus sama bulan puasa. Aaaah bulan puasa itu bulan yang selalu ditunggu-tunggu, men, kalo hidup kamu gak rindu bulan puasa, hati mu terbuat dari batu. hahaha
  8. What’s your least favorite mode of transportation? apaan ya? apa aja sih sebenernya, mau motor / mobil / pesawat / bus / kereta / pesawat *belum pernah naik pesawat seumur-umur* gimana situasi dan kondisi. Jadi ga ada yang favorit sebenernya, flexible
  9. What is your favorite body part? my whole body, orang-orang ingin jangkung kaya aku, ingin rambut lurus kaya aku, ingin punya bibir tebel macam kylie jenner kaya aku *biasa aja sebenernya sih.. gak mirip banget* intinya adalah bersykur. Alhamdulillah... yang penting sehat
  10. What sound do you love? rintik hujan, dengkuran kucing, orang yang ngaji 
  11. If you could throw any kind of party, what would it be like and what would it be for? party? bukan anak party sih.. cuman kalo ada kesempatan ingin bikin garden party tentang seni daur ulang atau tentang lingkungan dan alam gitu *itu termasuk party bukan sih?* jadi party yang berfaedah dan bermanfaat bukan ngabisin waktu, duit, terus lupa sholat hahaha atau sengaja lupain sholat. Partynya buat charity gitu dan lebih macam penyuluhan tapi tetep pesta *maksain benerr*
  12. If you could paint a picture of any scenery you’ve seen before, what would you paint? apaan ya? pantai atau pemandangan alam aja
  13. If you could choose to stay a certain age forever, what age would it be? 18 or 19. i hate when people start to menyangkutkan semuanya ke umur macam kapan nikah kan udah waktunya? kapan punya pacar? kapan kuliah lagi? kapan kerja? kapan punya anak?. please, let me enjoy my own life 
  14. If you knew the world was ending in 2012, what would you do differently? I believe in Allah SWT.
  15. If you could choose anyone, who would you pick as your mentor? men, kalo beliau masih hidup sampe sekarang.. Nabi Muhammad SAW. Idola
    kesetiaan diuji dimana mencintai tanpa melihat wajahnya 
  16. If you could witness any event past, present or future, what would it be? event from past are i want to see how handsome Nabi Yusuf AS, i want to witness when my mom gave birth and how gentleman Nabi Muhammad SAW is *i think it will blow my entire brain*, well.. event from future i want to know what i will be, i mean.. in the future, could i reach my dreams that are disappears right now?
  17. If you could learn to do anything, what would it be? learn how to fly
  18. If you had to work on only one project for the next year, what would it be? menjadikan daerah Cimindi menjadi daerah hijau, daerah ramah lingkungan, saling mengayomi, gotong-royong.
  19. If you were immortal for a day, what would you do? baca Al-Qur'an sama artinya sampe khatam kalo perlu sampe hafal
  20. If you had to change your first name, what would you change it to? gak kepikiran buat ngeganti nama depan tapi untuk menjawab pertanyaan ahhaa, palingan namanya diganti jadi Bella Itoshi atau Nabilah Itoshi. It sounds cool. Itoshi nama gabungan ayah sama ibu
  21. If you could meet anyone, living or dead, who would you meet? Parents of my dad (grandma, grandpa), dad of my mom (grandpa), julian casablancas, the strokes, jared leto, lee kwang soo, ezra miller, keanu reeves
  22. If you won the lottery, what is the first thing you would do? Langsung beli paket haji hari itu juga untuk sekeluarga, berangkat hari itu juga tanpa nunggu bertahun-tahun
  23. If you were reincarnated as an animal/drink/ice cream flavor, what would it be? a cat but the huge and cat, i mean.. maine coon or a huge white lion
  24. If you could know the answer to any question, besides “What is the meaning of life?”, what would it be? "Apakah aku masuk akan surga?" wow.. this question is too deep, but let's be real, guys. 
  25. If you could be any fictional character, who would you choose? hmm.. The Green Girl, bukan green lentern haha. Karakter fiksi itu punya kekuatan yang bisa menumbuhkan segala macam tumbuhan dan bisa membuat sampah menjadi tanaman
  26. Which celebrity do you get mistaken for? ooh.. ini maksud pertanyaannya itu "aku persis mirip artis siapa" aaaah gak ada
  27. What do you want to be when you grow up? be myself, respect myself, aktifis lingkungan? mungkin.. atau seseorang yang bisa dibidang masak, berkesenian, fotografi, videografi, editing, designer, kesehatan. Apaan tuh disebutnya? ->Nabil. Well.. i really want to good or able to do everything i love and there's always good benefit for me and people around me
  28. When you have 30 minutes of free-time, how do you pass the time? do art stuff, painting or drawing or sleep
  29. What would you name the autobiography of your life? judulnya? "Mewarna-warnikan Hidup" ahahhaa
  30. What songs are included on the soundtrack to your life? The Strokes - You Only Live Once + + Threat Of Joy, My Chemical Romance - Famous Last Words, Lily Allen - The Fear, Coldplay - Paradise, Radiohead - Present Tense + Karma Police + Fake Plastic Trees + True Love Waits, Keane - Everybody Changing + This IsThe Last Time, The Corrs - Summer Sunshine, JKT48 - River, The Smiths - Asleep, AVA - The Gift, dan lain-lain 
  31. Have you ever had something happen to you that you thought was bad but it turned out to be for the best? apaan ya, kalo untuk sekarang-sekarang harus bisa mengutarakan opini dan tegas, tau mana yang benar dan tidak, mana yang sopan atau tidak.
  32. What was one of the best parties you’ve ever been to? gak pernah pesta-pestaan, paling syukuran sunatan tetangga hahaha, kalo having fun? oke laah, tapi ga sampe tengah malam juga. Tau diri
  33. What was the last movie, TV show or book that made you cry or tear up? film korea My Dictator
  34. What’s the hardest thing you’ve ever done? do Math :( pembagian rumus-rumus lainnya
  35. What was the last experience that made you a stronger person? after i quit from midwifery aaaand another sh#t goin' on after that, yeah.. terpuruk, yap, people questioning why. But, i'll have the brightest futurue, who knows :)
  36. What did you do growing up that got you into trouble? cry
  37. When was the last time you had an amazing meal? everyday, thankful for what i eat every single day
  38. What’s the best/worst gift you’ve ever given/received? i never expect someone give me a gift
  39. What do you miss most about being a kid? free time, main bareng sama tetangga walaupun cowo, sore-sore main sepeda keliling komplek, kompak dan deket sama adik, minta digendong dibolehin, makan sepuasnya ga mikirn gemuk
  40. What is your first memory of being really excited? i don't know.. maybe instinc or good or happy vibe going on
  41. What was the first thing you bought with your own money? kalo sabun mandi, sampo, conditioner, cat rambut biru habis, bakal dibeliin itu sih. The point is buy something you need and keep the rest atau kasih sebagian untuk orang yang membutuhkan
  42. When was the last time you were nervous? everyday 
  43. What is something you learned in the last week? jangan suka menunda-nunda suatu pekerjaan dan olahraga biar badan seger
  44. What story does your family always tell about you? about how they proud of me even i'm not study in midwifery anymore, that i'll run for my dreams and goals no matter what asalkan tau mana prioritas dan mana yang hanya ngabisin waktu 
  45. At what age did you become an adult? probably... 28, lol
  46. Is a picture worth a thousand words? Elaborate.
  47. Where’s Waldo? he's in my heart, you can't see him, only me 
  48. The best part of waking up is? still breathing and healthy and see my mom, dad and my brother and my cats
  49. How now brown cow? brownies
  50. Whasssssuuuupppppp? geje ini pertanyaan -_-"

Yaelaaaaah, udah dibilangin ga penting masih dibaca sampe selesai

Hanya amatiran

Judul : Gading Emas Ket : Karya ini menyimbolkan gading berwarna emas berharga yang dibalut oleh uang dan percikan darah Terinspirasi da...